Jl. Kalimantan No 1 Kampung I / Skip 085179990551 mailbox@tarakankota.go.id

Puluhan UMKM Tarakan Menerima Pelatihan dari KPPN

0 comments 2023-08-30 00:00:00  

KBRN, Tarakan : Membantu semakin berkualitas dan naik kelas, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) bersama jajaran Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu) lainnya di Tarakan menggelar pelatihan terhadap puluhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Tarakan, Selasa (30/8/2023).

Kepala KPPN Tarakan, Joko Santoso mengatakan, sosialisasi UMKM Sinergi Kemenkeu satu Tarakan ini diikuti 30 UMKM kota Tarakan.

“Adapun pelatihan ini, narasumbernya dari Direktorat Jendral Pajak menyampaikan terkait perpajakan UMKM, kemudian dari Kantor KPKNL mengisi materi terkait lelang produk-produk UMKM, lalu dari Beacukai memberikan materi bagaimana melakukan ekspor UMKM, dan dari KPPN terkait pembiayaan UMKM,” ujarnya.

Tak hanya itu, lanjut Joko, pihaknya juga menghadirkan narasumber dari luar Kemenkeu yaitu narasumber yang menjelaskan terkait pemasaran secara digital dan kemasan yang baik.

“Harapannya UMKM ini mendapat ilmu-ilmu terkait perpajakan, ekspor, lelang, serta bagaimana melakukan pemasaran dan menyediakan kemasan yang bagus. Peningkatan UMKM meruapakan salah satu tusi Kemenkue untuk di tiap-tiap wilayah,” ucapnya.

Diungkapkan Joko, melalui empat materi pelatihan itu, harapannya UMKM di Tarakan semakin berkualitas dan naik kelas,”Jika sebelumnya UMKM tidak bisa atau tidak mengetahui cara ekspor produknya, dengan pelatihan ini sudah mengetahui bagaimana caranya mengekspor,” urai dia.

Disamping pelatihan, pihaknya juga menyediakan both UMKM agar para pegawai Kemenkeu datang untuk membeli.

“Kegiatan seperti ini sudah sering kami lakukan di kabupaten yang ada di kaltara seperti Malinau dan Bulungan. Untuk di Tarakan ini baru pertama kali kita lakukan,” demikian Kepala KPPN Tarakan. (Crz)

0 comments

©

Tarakan    Designed by HTML Codex


Distributed By: ThemeWagon